Bagaimana Seharusnya Kita Berbakti Kepada Kedua Orang Tua ?

Share

Assalamu'alaikum sobat pejuang islam :)

Mari kita belajar dari Kitabullah Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW bagaimana seharusnya kita beradab dengan kedua orang tua kita :) . Temen-temen jangan menjadi manusia yang durhaka kepada kedua orang tua yaaah, karena hal itu merupakan penghalang bagi setiap orang dari mengecap manisnya surga ...

Bagaimana caranya agar kita berbakti kepada kedua orang tua kita?
Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Isra' ayat 23-24 :

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّـهُ وَبِالْوَلِدَيْنِ إِحْسَـناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيمًا() وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Artinya : " Dan Tuhanmu telah memerintahkan kamu agar jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu. Jika salah seorang diantara kedauanya atau kedua-duanya berusia lanjut, maka janganlah kamu berkata kepada keduanya 'ah' dan janganlah kamu membentak keduanya dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu kepada mereka berdua dengan penuh kesayangan dan katakanlah, " Wahai Tuhanki kasihilah mereka berdua sebagaimana telah mendidikku sejak kecil."( QS. Al-Isra' ayat 23-24 )

Pada ayat inilah Allah telah menyandingkan perintah mentauhidkan-Nya dengan perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, hal ini menunjukan betapa agungnya kedudukan ayah dan ibu. Rasulullah SAW menyebutkan dosa terhadap kedua orang tua termasuk salah satu dosa besar.

Rasulullah bersabda yang artinya :

" Sesungguhnya di antara dosa besar itu adalah seorang mencela kedua orang tuanya, mereka bertanya ' Wahai Rasulullah apakah seorang itu mungkin mencela orang tuanya?' Beliau menjawab, ' Ya, seorang memaki ayah orang lain lalu orang tersebut membalas memaki ayahnya, dan seseorang memaki ibu orang lain lalu orang tersebut membalas memakinya.'" (HR. Muslim)

Nah bagaimana? masih ingin menyakiti orang tua? ingatlah teman-teman itu adalah salah satu dosa besar.

Akan tetapi sangat disayangkan dari banyak manusia yang hidup dizaman ini, sudah tidak tau bagaimana seharusnya memperlakukan kedua orang tuanya. Kita sering menyaksikan bagaimana interaksi seorang anak yang sangat tidak layak kepada kedua orang tuanyanya. Menyakiti perasaan dan fisik orang tua bukan lagi menjadi masalah yang tabu dikalangan manusia,melantarkan mereka, bahkan sampai rela membunuh mereka karena sebab-sebab yang sepele. Kita berlindung kepada Allah SWT dari hal-hal yang demikian ..
Nauzubillah min zalik

Orang tua adalah pintu surga yang luas bagi seseorang yang ingin masuk kedalamnya. Celakalah bagi mereka yang masih dapat bertemu kedua orang tuanya, namun dia terhalang dari mengecap manis dan indahnya surga yang Allah janjikan.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang berbakti kepada kedua orang tua kita. Amiiin..
Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan tinggalkan komentar :)

Wassalamu'alaikum

5 komentar:

Rinaldy-Putra mengatakan...

Ridho Allah swt, Ridho Kedua Orang tua, ^_^

#mari jadikan ini hal yg bermanfaat untuk slalu taat pada Orang tua kita,

SMA Daya Utama mengatakan...

Amiin, semoga kita semua termasuk hamba Allah yang berbakti kepada kedua orang tua kita

Anonim mengatakan...

penjelasan yg mengena tntg birrul walidain .. good :)

SMA Daya Utama mengatakan...

Syukron :)

Anonim mengatakan...

afwan :D

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Para Pejuang Islam -