Kisah Ashabul Kahfi ( Pemuda-pemuda yang beriman )

Share

gua Ashabul Kahfi
Assalamu'alaikum sobat para pejuang islam...

Nah pada postingan kali ini saya akan share tentang kisah " Ashabul Kahfi " yaitu kisahnya pemuda-pemuda yang beriman.. Kisah ini saya intisarikan dari tafsir Ibnu Katsir. Tepatnya di QS. Al-Kahfi surat ke 18 dari Al-qur'an.
Ashabul Kahfi adalah 7 orang pemuda-pemuda yang beriman yang berjuang mempertahankan aqidahnya dari ke zaliman raja pada masanya.


Ketika mereka dipaksa oleh raja yang zalim untuk murtad meninggalkan aqidah mereka yang lurus mereka berdiri tegak menentang raja sambil berkata " Tuhan kami adalah Tuhan semesta alam (Allah) kami tidak akan merubah aqidah kami karena kalau kami rubah, berarti kami termasuk orang-orang yang rugi.".

Al-Kahf berarti gua digunung. Gua semacam itulah yang digunakan untuk berlindung. Ketika pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdo'a, " Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."
Arti dari do'a tersebut yaitu " Anugerahkanlah kami rahmat yang dapat menyembunyikan kami dari kaum kami dan jadikanlah kesudahan kami ini berada dalam petunjuk ".

Allah SWT memberitahukan tentang sekelompok pemuda yang lari dari kaumnya untuk menyelamatkan agamanya agar mereka mendapat ujian dalam mengamalkanya. Mereka melarikan diri, lalu berlindung di gua dan bersembunyi disana agar tidak diketahui kaumnya. Pemuda-pemuda ini hidup pada masa raja yang zalim yang bernama raja Diqyanus dan pemuda ini ditidurkan oleh Allah di dalam gua itu selama 309 tahun. Kemudian mereka dibangunkan oleh Allah SWT pada masa raja yang shaleh yaitu raja Baidarus. Subahanallah... Dari kisah Ashabul Kahfi ini banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil :)

Semoga tumbuh jiwa-jiwa pemuda seperti Ashabul Kahfi lagi, pemuda yang berani menentang pemimpin yang zalim demi agamanya dan mepertahankan aqidahnya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan berkomentar.

Wassalamu'alaikum

1 komentar:

samad dadrana mengatakan...

nice blog dan nice artikel.. mampir gan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Para Pejuang Islam -